Kades Jeringo Pastikan Balita Positif Tidak Ada Kontak Dengan ODP Maupun PDP

INAnews.co.id, Lombok Barat – Kepala Desa Jeringo Kecamatan Gunungsari, Sahril saat di konfirmasi Media INAnews.co.id via Whatsapp pada Senin,(13/4/2020) mengatakan saat ini terdapat 15 orang yang statusnya dinyatakan Orang dalam Pemantauan ( ODP).

Rata rata mereka yang dinyatakan ODP adalah santri dan pelajar yang menimba ilmu di daerah yang sudah terjangkit virus covid 19.

“ Pemerintah desa sudah mengkarantina masyarakat yang masuk dalam kategori ODP dan mengawasi proses karantinanya bersama masyarakat,” kata Sahril

Pihaknya juga sudah melakukan rapied test kepada seluruh masyarakat bersama dengan puskesmas Penimbung dengan menggunakan alat yang di belanjakan dari anggaran dana desa.

“ Saat ini desa sudah memiliki data suhu badan masyarakat jeringo, dan test itu akan kita lakukan secara berkala,” jelas Sahril.

Terkait dengan pasien nomor 27 asal desa jeringo yang dinyatakan positif covid 19 berdasarkan hasil Swab, Sahril menegaskan bahwa pihaknya bersama perangkat desa telah melakukan kontak tracing di wilayahnya. Hasilnya, yang bersangkutan dan orang tuanya tidak pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit dan juga tidak pernah ada kontak dengan pasien terkonfirmasi positif covid 19.

“ Yang bersangkutan menderita demam dan pada tanggal 3 April sekitar pukul 20.00, orang tuanya memeriksakan ke salah satu dokter di daerah lilir, diagnose dokter infeksi radang tenggorokan dan di rujuk ke Puskesmas Gunungsari, oleh puskesmas Gunungsari pasien di rujuk ke RSUD Provinsi.

Sahril menambahkan, malam itu juga pasien di bawa dan dirawat di RSU Provinsi. Tanggal 11 April pasien 27 di nyatakan positif terjangkit virus covid 19. Saat ini, kondisi pasien 27 dan orang tuanya dalam keadaan sehat.

“ Kami sudah mendapatkan konfirmasi dari orang tuanya, bahwa kondisi pasien 27 dan orang tuanya dalam keadaan sehat dan baik, dan pasien Alhamdulillah terus membaik kondisinya,” imbuhnya.

Guna melakukan pencegahan penyebaran virus covid-19, pemerintah desa terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“ Satgas yang kita bentuk terus kelapangan mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga dan meningkatkan budaya hidup bersih serta tetap tenang dan tidak panik, yang penting ikuti anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan social dengan memperbanyak diam dirumah,” Tutup Sahril.

 

Sumber: https://www.inanews.co.id/2020/04/kades-jeringo-pastikan-balita-positif-tidak-ada-kontak-dengan-odp-maupun-pdp/