Balita 2 Tahun, Positif Covid-19, Membaik, Ini Tanggapan Kades Jeringo

WARTABUMIGORA. LOMBOK BARAT – Pasien yang terkonfirmasi virus Corona atau Covid-19 di Nusa Tenggara Barat NTB, kini bertambah, Hal ini pada press release yang dilakukan gugus tugas penanganan dan pencegahan virus corona (Covid-19) Pemerintah NTB, Sabtu (11/4/2020), terdapat satu balita berusia 2 tahun yang terkonfirmasi positif Corona.

Dalam press release diterangkan bahwa, balita berusia 2 tahun tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah yang terjangkit virus corona (Covid-19), tidak hanya itu, balita dari kecamatan Gunungsari itu tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien positif corona.

Menurut Kepala Desa Jeringo Sahril menyampaikan, bahwa memang bener pasien no.27 inisial HW merupakan warga Desa Jeringo yang terkonfermasi positif Covid-19, yang dimana riwayat orang tuanya tidak pernah melakukan bepergian ke luar daerah,” Apalagi kontak dengan pasien covid-19 tersebut,” ucap Sahril saat di hubungi via WhatsApp. Senin (13/4/2020).

Lebih lanjut Kepala Desa Jeringo menjelaskan, riwayat pasien pada tanggal 3 April 2020 di bawa ke salah satu dokter pada jam 8 malam dan hasil observasi dilakukan oleh pihak dokter, dan dokter menyebut, ada indikasi radang paru-paru.

” Yang di mana pasien mengeluhkan saat itu demam, batuk di sertai sesak nafas dan makan berkurang, akhirnya dibuatkan lah rujukan, dan orang tua pasien membawa anaknya ke Puskesmas Gunungsari,” katanya.

Menurut Sahril, di Puskesmas Gunungsari dilakukan observasi selama 1 jam dan langsung dirujuk ke rumah sakit provinsi, pada tanggal 11 April ketua gugus tugas provinsi mengeluarkan press release terkonfirmasi positif COVID-19,” Kemungkinan besar ketika kami melihat riwayat orang tua maupun pasien kalaupun kena dengan virus ini itu kemungkinan di luar Desa jeringo karena di Dusun tempat orang tuanya.

” Pasien tidak ada ODP maupun PDP apalagi yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19, tapi alhamdulillah info terkini pasien sudah dalam keadaan membaik dan kedua orang tuanya masih menunggu hasil tesnya,” ucapnya.

Ia berharap juga hari ini bersama pihak Puskesmas Penimbung, sudah melakukan pemeriksaan darah kepada keluarga pasien maupun yang pernah berhubungan kontak baik itu pasien maupun kedua orang tuanya sebagai langkah antisipasi untuk pemutusan ranting virus apabila ada yang terindikasi.

” Kita lakukan pemeriksaan darah kepada keluarga pasien, maupun yang pernah berhubung kontak dengan pasien,” kata Sahril.

Selain itu juga, Kepala Desa Jeringo tersebut sudah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah pasien, dan terangga serta memberikan tanda untuk tidak masuk ke rumah tersebut.(ll).

 

Sumber: http://wartabumigora.co.id/2020/04/13/balita-2-tahun-positif-covid-19-membaik-ini-tanggapan-kades-jeringo/